Latest Movie :

Tips Menarik Santap Makanan Panas dari Piring Plastik Berisiko Batu Ginjal

Santap Makanan Panas dari Piring Plastik Berisiko Batu Ginjal

Santap Makanan Panas dari Piring Plastik Berisiko Batu Ginjal
Piring plastik memang menjadi favorit untuk tempat makan, terutama ketika sedang piknik. Piring plastik juga dianggap lebih praktis dan murah karena bisa langsung dibuang. Tapi Anda harus berhati-hati karena baru-baru ini penelitian menunjukkan kalau makan makanan panas dari piring plastik bisa berbahaya bagi kesehatan.

Peneliti Taiwan menemukan kalau suhu panas dengan menggunakan bahan plastik atau melamin yang harganya murah atau sudah lama bisa meningkatkan risiko batu ginjal.

Peneliti mempelajari dua kelompok orang yang makan sup panas. Satu kelompok makan dari mangkuk melamin dan yang lain dari mangkuk keramik.
Seperti dilansir Dailymail, Rabu (23/1/2013), penelitian tersebut menunjukkan kalau orang yang makan sup dari mangkuk melamin dapat meningkatkan risiko batu ginjal

Sampel urine dari peserta penelitian dikumpulkan sebelum makan dan setiap dua jam sampe itu diteliti selama 12 jam setelah makan.

Tiga minggu kemudian, para relawan makan sup yang sama tetapi jenis mangkuknya dibalik, jadi yang sebelumnya menggunakan mangkuk melamin menggunakan mangkuk keramik dan sebaliknya. Kemudian sampel urine diambil kembali.
Tingkat melamin pada urine selama 12 jam setelah makan sup adalah 8,35 mikrogram dan peserta yang makan dari mangkuk keramik hanya sekitar 1,3 mikrogram.
Chia Fang Wu, dari Kaohsiung Medical University di Taiwan, mengatakan kalau peralatan makan melamin dapat melepaskan sejumlah besar melamin saat memanaskan makanan dengan suhu tinggi.
Dia mencatat bahwa kedua suhu yang lebih tinggi (dari sup panas, misalnya) atau makanan lebih asam dapat mendorong melamin mencemari makanan, terutama dengan peralatan dapur yang sudah tua atau berkualitas rendah.

Peneliti menambahkan kalau jumlah melamin yang dilepaskan ke dalam makanan dan minuman dari peralatan makan melamin sangat bervariasi menurut mereknya sehingga hasil penelitian ini dari salah satu merek tidak dapat digeneralisir dengan merek lain.

Namun hasil penelitian menyarankan untuk meghidangkan makanan panas pada peralatan keramik agar berada di sisi yang aman.

"Saat ini belum jelas apa efek menggunakan peralatan keramik pada kesehatan manusia. Namun, penelitian sebelumnya telah menghubungkan antara penyakit kronis, dengan penggunaan alat melamin yang bisa meningkatkan risiko batu ginjal pada anak-anak dan orang dewasa,"kata para peneliti.

Penelitian sebelumnya telah menemukan hubungan antara melamin dan batu ginjal pada anak-anak dan orang dewasa
Studi toksisitas melamin pada hewan juga menunjukkan kalau makanan yang disediakan menggunakan piring plastik atau melamin, dapat menyebabkan batu ginjal, kerusakan ginjal, dan dapat menyebabkan kanker. Studi ini dipublikasikan dalam Journal JAMA Internal Medicine.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Free Download Games Forever - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger